Rabu, 23 April 2014

Ajarkan si kecil Menabung

Menabung merupakan suatu cara yang tepat untuk membantu pengelolaan finansial yang baik , Bukan hanya itu menabung juga mampu mewujudkan suatu impian atau pun smartgoal .

Dengan begitu seharusnya menabung adalah sesuatu yang diharapkan bahkan wajib dilaksanakan oleh semua orang tanpa ada alasan apapun .Begitu pula pada orang tua yang mengurus anak-anaknya , Menabung bisa dilakukan oleh anak-anak asalkan kita mampu mengajari cara yang tepat untuk mengelola keuangan .

Cara yang tepat dalam menerapkan kebiasaan menabung kepada anak dapat kita laksanakan sekarang , Jangan melihat sedikit nya uang jajan dari anak tapi lihatlah usaha anak dalam membiasakan diri terhadap metode menabung .



Berikut beberapa trik dari REQUEST untuk mengajarkan anak menabung sejak dini :

  1. memberitahu kegunaan uang : Berikan berbagai informasi kepada sikecil akan kegunaan uang , baik itu untuk makan ,minum bahkan menggapai impian . Kita harus mampu menyadarkan anak-anak sejak dini untuk mengetahui dengan jelas akan fungsi uang yang tidak boleh dihambur-hamburkan .
  2. Terapkan hidup hemat kepada siKecil : Kita harus memberikan suatu kebiasaan kepada anak agar anak tersebut menjadi terbiasa , cara termudah adalah dengan menerapkan hidup hemat kepada Sikecil . Seperti memakai air secukupnya , hematlistrik dll .
  3. Ajarkan mengontrol diri : Kita harus mengajarkan sikecil untuk mengontrol diri terhadap keinginan , ingatkan mereka bahwa manusia tidak pernah merasa puas oleh sebab itu kita harus mensyyukuri apa yang ada .
  4. Memulai menabung : Menabung harus dimulai sedini mungkin melalui 3 pondasi menabung , Ajarkan anak untuk menabung dengan kepastian bukan melihat dari nominal , karena nominal itu tidak penting yang terpenting adalah usaha anak dalam menabung .
  5. Berikan contoh yang baik kepada sikecil : Menjadi contoh bagi anak merupakan hal wajib yang harus kita lakukan demi mengajarkan anak hidup positif , seperti Mengelola keuangan , hidup hemat dll
  6. Beri motivasi menabung kepada sikecil : Memberikan suatu motivasi dalam menabung berpengaruh terhapa pengelolaan uamng sikecil , kita dapat memberikan motivasi2 seperti mengajarkan membuat celengan yang kreatif , membuat pengelolaan finansial sesuai dengan kebiasaan anak dll .
6 trik twersebut patut dicoba kepada siKecil yang hendak memulai Menabung , karena kita harus memulai menerapkan kebiasaan mengelola uang dan menabung kepada sikecil agar sikecil mampu memperhatikan uangnya .

Jangan biarkan uang memperbudak manusia hanya karena ia tidak bisa mengelola !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar